Apa Itu Marketing?

MARKETING

Apa itu Marketing?

Konsep marketing pada dasarnya penting untuk dipahami dan diketahui oleh seluruh pelaku bisnis yang ingin kegiatan marketingnya berjalan lancar dan maksimal.

Marketing sendiri dapat dikatakan sebagai kombinasi antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan, dan melakukan promusi dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen dan mendapatkan keuntungan. Di mana marketing memang memiliki kaitan yang sangat erat dengan aktivitas kehidupan sehari-hari. Marketing akan membantu konsumen untuk menentukan produk yang dibutuhkan berdasarkan faktor-faktor tertentu seperti kualitas, waktu pembelian, dan tempat pembelian. Selain itu, pihak konsumen dapat dijadikan sebagai informasi untuk menunjang kegiatan marketing yang tepat oleh para pelaku bisnis, sehingga dengan marketing yang tepat akan menghasilkan pendapatan yang maksimal dalam perusahaan.

Untuk melakukan marketing yang tepat maka anda sebagai calon ataupun sudah menjadi pelaku bisnis perlu kiranya untuk mengetahui konsep marketing itu sendiri.
Atribut marketing sebagai berikut:

Memenuhi kebutuhan dan keinginan

Dalam kehidupan sehari-hari penting kiranya untuk mampu membedakan mana itu kebutuhan, keinginan, dan permintaan. Kebutuhan manusia merupakan suatu ketidakadaan beberapa rasa tercukupi yang paling mendasar jika tidak terpenuhi, maka dapat berakibat fatal. Manusia sangat membutuhkan sandang, pangan, dan papan serta ada juga kebutuhan lainnya misalnya keamanan, kenyamanan, dan lain sebagainya.

Kebutuhan ini tidak dapat diciptakan oleh masyarakat maupun pasar, akan tetapi ia merupakan suatu rangkaian hakikat biologis dan kondisi atau keadaan seseorang itu sendiri. Selain itu manusia juga selalu menginginkan berbagai macam hal supaya merasa tercukupi walaupun jika tidak terpenuhi tidak menimbulkan masalah yang fatal, seperti misalnya keinginan untuk berrekreasi atau berwisata, pendidikan, dan berbagai macam jasa untuk menunjang kehidupannya.

Produk

Dalam konsep marketing produk merupakan penawaran yang dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yang di antaranya barang, jasa, dan gagasan atau ide. Semua produk yang dihasilkan oleh produsen menjadi sesuatu yang ditawarkan kepada konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

Nilai, biaya, dan kepuasan

Konsep pemasaran terkait nilai, biaya, dan kepuasan ini pada dasarnya tergantung dari sisi individu masing-masing, dalam hal ini terkait dengan konsumen terhadap produk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan masing-masing konsumen tidak dapat disamaratakan. Selain itu, masing-masing produk pun memiliki tingkat pemenuhan kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga hal ini tergantung pada pihak konsumen itu sendiri dalam menilai dan mejadikan pertimbangan bagi pihak produsen atau pelaku bisnis dalam menciptakan produk yang akan ditawarkan.

Pertukaran dan transaksi

Didalam kegiatan marketing biasanya terdapat suatu kesepakatan atau persyaratan yang telah disetujui oleh pihak konsumen maupun pihak pelaku bisnis dalam melakukan pertukaran, baik itu dalam bentuk uang dengan produk atau produk dengan produk. Sehingga ketika pertukaran tersebut telah disetujui, maka akan melakukan transaksi misalnya transaksi pembelian.

Hubungan dan jaringan

Dalam konsep marketing terdapat istilah hubungan yang merupakan transaksi untuk memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang terkait, misalnya konsumen, pemasok, dan penyalur. Tujuan dari hal ini adalah untuk mempertahankan bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Sedangkan hasil dari marketing hubungan tersebut untuk mengembangkan berbagai macam aset milik oleh perusahaan yang disebut dengan jaringan pemasaran. Jaringan pemasaran umumnya terdiri dari perusahaan dan pihak-pihak yang memiliki kaitan seperti yang telah disinggung sebelumnya, yaitu konsumen, para karyawan, pemasok, penyalur, dan lain sebagainya.

Pasar

Dalam konsep marketing terdapat pasar yang terdiri dari pembeli atau konsumen yang memiliki kebutuhan, dan kebutuhan tersebut tersedia serta mampu melaksanakan pertukaran nilai, sehingga dapat terjadi transaksi untuk memenuhi kebutuhannya. Ukuran pasar tergantung dari jumlah konsumen yang ingin memenuhi kebutuhannya dan memiliki sumber daya untuk ditukarkan dengan apa yang konsumen butuhkan.

Pemasar dan calon pembeli

Dalam konsep marketing terdapat pemasar atau penjaja dan calon pembeli. Pemasar akan mencari calon pembeli yang sekiranya ingin memenuhi kebutuhannya sehingga dapat melakukan pertukaran nilai atau transaksi. Calon pembeli merupakan seseorang yang akan diidentifikasi oleh pemasar dan memungkinkan untuk melakukan transaksi untuk memenuhi kebutuhannya.

Demikianlah penjelasan tentang konsep marketing yang perlu anda ketahui sebagai pelaku bisnis agar lebih dapat memaksimalkan kegiatan marketing dalam bisnis anda.










0 Response to "Apa Itu Marketing?"

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasinya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel